Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 5 Prospek Jurusan Otomotif dari Youtuber sampai Buka Bengkel

 Ada 5 prospek jurusan otomotif dari menjadi youtuber sampai membuka bengkel sendiri! Ayo, simak penjelasannya di bawah ini.

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan merupakan satu jenis sekolah yang didesain untuk memberikan keterampilan kerja bagi para peserta didiknya. Berbeda dengan SMA yang tidak diajari keterampilan kerja, murid SMK biasanya siap memasuki dunia kerja dengan keterampilan yang spesifik, seperti:
  1. Keterampilan memasak
  2. Keterampilan menjahit
  3. Desain grafis
  4. Listrik
  5. Administrasi
  6. Otomotif
  7. Keperawatan
  8. Farmasi
  9. dan lain sebagainya
5 Prospek Jurusan Otomotif

Di SMK, terdapat pembagian jurusan untuk bisa memperoleh keterampilan tersebut. Nah, bagi teman-teman yang mau masuk SMK, memilih mana jurusan yang tepat tentu harus diperhatikan baik-baik. Selain masalah passion, ada baiknya kita juga memerhatikan PROSPEK tiap jurusan tersebut.

Bagaimana dengan Prospek jurusan otomotif?

Jurusan otomotif sebagaimana disebut di atas merupakan salah satu jurusan yang banyak dibuka di SMK. Dulu, jurusan ini hanya ada di STM (biasanya untuk laki-laki) dan bukan SMEA (biasanya untuk perempuan). Anyway, bicara soal masa depan jurusan ini termasuk sangat baik lho. 

Bagaimana tidak baik? Jurusan ini didefinisikan sebagai jurusan yang  mempelajari mengenai dunia permesinan. 

Siswa akan diajarkan untuk merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi berbasis mesin seperti epeda motor, mobil, bus, serta truk. Ada setidaknya 7 prospek usaha seperti ini di masa depan yang bisa digeluti.

7 Prospek Jurusan Otomotif

Kerja Online

Hah? Peluang jurusan otomotif di dunia online? Loh, kenapa tidak? Ketika pengetahuan kamu di dunia otomotif sudah cukup banyak, kamu bisa membagikannya di dunia maya dengan berbagai medium, misalnya:
  1. Membuat dan menulis di blog sendiri seputar dunia otomotif. Yang ini cocok bagi kalian yang suka menulis.
  2. Menulis di media lain, khususnya di situs yang membahas dunia otomotif.
  3. Jadi youtuber. Yak, menjadi youtuber sekarang ini sedang trending lho. Dengan modal speaker dan kamera yang bagus, kamu bisa membagikan tutorial yang kamu ketahui selama sekolah. Menarik, kan? Tak usah yang rumit, kamu bisa mulai dari tutorial yang gampang tapi banyak dibutuhkan orang misalnya tutorial membetulkan motor, mengecek mobil, dan lain sebagainya.

Kerja di Perusahaan Otomotif Nasional atau Multinasional

Kalau yang ini adalah prospek jurusan otomotif yang paling umum. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan terkait jurusan baik di perusahaan nasional atau di perusahaan multinasional. Gajinya lumayan lho. Di sentra industri seperti Jawa Barat, kamu bisa memperoleh 3 jutaan dalam sebulan. 

Kerja di Luar Negeri

Ingin gaji yang lebih tinggi dibanding 3 juta? Well, kamu bisa mencoba memasukkan lowongan bekerja ke luar negeri. Tentu bukan sebagai pembantu rumah tangga ya, tapi sebagai pekerja di bidang otomotif. 

Namun, biasanya disyaratkan kamu menguasai bahasa negara tujuan. Kalau mau ke Korea ya harus bisa bahasa Korea. Begitu juga kalau mau ke Jepang ya harus bisa bahasa Jepang. 

Usaha Bengkel Sendiri

Prospek jurusan otomotif yang ini cocok buat kamu yang suka berwirausaha sendiri. Membangun usaha sendiri memang tidak mudah dan juga tidak murah. Namun demikian, kamu bisa merasakan kemerdekaan karena tak terikat pada orang lain. Kesuksesan yang kamu raih pun bisa kamu nikmati sendiri.

Jual Sparepart

Kamu bisa menjadi penjual yang terpercaya lho untuk alat-alat sparepart transportasi seperti motor, mobil, dan lain sebagainya. Branding saja diri kamu sebagai penjual yang paham dengan dunia permesinan, jadi pembeli pun akan lebih yakin bertransaksi dengan kamu.

Membuka Startup

Prospek jurusan otomotif yang ini memang tidak mudah, dan paling sulit dibanding yang lain. Yang dimaksud startup sendiri adalah aplikasi seperti gojek dan grab. Tapi bedanya, kamu membuka situs serupa untuk penanganan service motor dan mobil. 

Nanti kamu bisa bekerja sama dengan programmer, tukang bengkel sebagai mitra, dan pengendara motor serta mobil sebagai konsumennya. Tidak mudah, tapi kalau bisa diwujudkan tentu nama kamu akan menjadi sangat terkenal seantero negeri.

Kerja di Bengkel Orang lain

Yang ini cocoknya bagi kamu yang baru lulus dan sekadar mencari pengalaman. Haha. Soalnya gaji bekerja di bengkel orang lain pasti tidak besar, bos. 

Bekerja di bengkel orang lain akan membuat kita lebih siap memasuki dunia kerja lebih lanjut atau malah sebagai pembelajaran bagi yang ingin membuka usaha sendiri. Bekerja di bengkel kecil-kecilan juga cocok sembari kita melamar ke berbagai perusahaan besar.

Nah, itulah 5 prospek jurusan otomotif di SMK. Banyak kan? Sekolah Menengah Kejuruan memang membuat kita memiliki keterampilan yang siap dipakai di dunia kerja. 

Jadi, jangan ragu untuk masuk ke jurusan ini. Apalagi industri otomotif terus tumbuh subur di negeri tercinta ini.

Post a Comment for "Ini 5 Prospek Jurusan Otomotif dari Youtuber sampai Buka Bengkel"