Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Solusi Antivirus yang Bikin Laptop Lemot dan Mudah Dilakukan

Apa solusi antivirus yang bikin laptop lemot?! Sebelum bicara yang berat-berat, yuk kita cari cara yang simpel dulu untuk mengatasi masalah tersebut.

Solusi Antivirus yang Bikin Laptop Lemot

Readers, pernah tidak kamu mendapati laptop yang jadi berat dan lemot setelah install anti virus? Maksud hati ingin melindungi gadget dari bahaya malware baik itu Trojan, ransomware, dan segala bentuk ancaman,  eh malah bikin emosi sendiri.

Padahal, salah satu tujuan kita memasang software tersebut adalah agar performa laptop stabil tidak direcokin oleh virus. Jadi kalau bikin lemot, jelas ada yang salah yang harus dibenarkan. Caranya? Coba simak 3 tips sederhana di bawah ini.

3 Solusi Antivirus yang Bikin Laptop Lemot

1. Terlalu Lebay

Sekarang coba kamu tanya diri sendiri dulu: laptop kamu dipakai untuk apa? Apakah kamu pakai untuk aktivitas yang “high risk” alias resiko tinggi dijangkiti virus? Atau tidak?

Beberapa aktivitas yang high risk dijangkiti virus adalah:

  1. Suka download file di berbagai situs
  2. Suka dipakai untuk perang-perangan dengan musuh dunia maya kamu
  3. Sering dicolok untuk transfer data via flask disk atau kabel data smartphone

Ketiga aktivitas tersebut memang membuat laptop kita rentan terkena malware. Kamu jelas harus pasang antivirus yang ampuh untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Tapi jangan jadi lebay ya.

Tidak perlu sampai pasang beberapa antivirus sekaligus. Apalagi kalau kamu malas update dan program-program tersebut sebenarnya cuma jadi pajangan buat kekhawatiran kamu. Terlalu banyak antivirus justru akan membuat performa laptop menurun. 

Terus bagaimana kalau kamu punya laptop yang tidak digunakan untuk kegiatan high risk? Misalnya, kamu cuma pakai laptop untuk nonton Youtube dan ketik-ketik tugas. Soalnya, kamu sudah punya laptop lain untuk aktivitas yang lebih banyak.

Quinka pernah lho tidak memasang antivirus untuk laptop yang cuma dipakai untuk nulis dan sesekali nonton Youtube. Hasilnya? Aman tuh sebab memang resiko terkena malware-nya minim.

2. Salah Pilih Antivirus

Tidak semua antivirus itu cocok dengan laptopmu. Makanya salah satu solusi antivirus yang bikin laptop lemot adalah: carilah yang tepat! 

Misalnya, spesifikasi laptop kamu sederhana banget. Tapi kamu maksain download dan install software yang butuh spesifikasi di atas spesifikasi yang kamu punya. Nah lho.

Makanya penting sekali buat kita untuk membaca keterangan software sebelum melakukan instalasi. Jangan sampai sudah lama download, eh tiba-tiba malah membebani saja.

3. Memori

Terakhir namun tak kalah penting, kamu juga harus cek memori yang tersisa. Kadang memang ada yang merasa sudah memasang software ringan. Namun setelah dipasang, tetap saja lemot. 

Barulah ketahuan masalahnya setelah diperiksa. Ternyata memori sudah hampir full sehingga semua aplikasi  baru yang dipasang pada dasarnya hanya memperburuk performa laptop.

Yah, kurang lebih itulah solusi antivirus yang bikin laptop lemot yang mudah dipahami orang awam. Intinya, jangan lebay, pilih yang tepat, dan sisakan memori yang cukup.

Post a Comment for "Ini Solusi Antivirus yang Bikin Laptop Lemot dan Mudah Dilakukan"