Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Helm Supaya Kinclong, Tidak Apek, dan Wangi

Kata siapa membersihkan helm itu sulit? Supaya kinclong dan baunya tidak apek, kamu cuma perlu melakukan langkah-langkah sederhana ini.

Lupakan tutorial yang lain karena terlalu sulit. Apalagi yang membuat kamu harus melepas bagian dalam helm. Sebagian besar orang gagal lho mengembalikan bagian dalam helmnya seperti sedia kala.

Banyak yang terpaksa harus mengganti pelindung kepalanya tersebut karena mengikuti instruksi dengan tidak hati-hati. Jadi langsung aja yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membersihkan Helm

Langkah-langkah Cara Membersihkan Helm Supaya Kinclong

Sediakan Alat dan Bahan Ini

  1. Pembersih kaca
  2. Semir beeswax atau lilin lebah (mudah dibeli di online shop)
  3. Kain bersih

Setelah semua alat dan bahan di atas siap, barulah ikuti langkah selanjutnya.

Angin-anginkan Supaya Tidak Apek

Agar bagian dalam tidak apek, kamu cuma perlu mengangin-anginkannya saja. Ya, tidak perlu kok harus melepas bagian dalam helm. Sebab, sekali lagi, pemasangannya cenderung susah. Salah-salah, helm malah jadi rusak.

Kalaupun helm sudah sangat kotor, coba lap dengan kain dan tissue basah. Setelah dilap, angin-anginkan di teras atau di atap rumah. Lakukan di siang hari saat udara lembab dan kering. Dus, dibantu dengan panas mentari, helm akan kering dan tidak berbau apek lagi.

Bersihkan Bagian Luar Helm dengan Beeswax

Beeswax adalah bahan lilin lebah yang bisa kamu beli secara online. Ada beeswax yang masih murni namun ada juga yang dikemas sebagai produk semir. Yang dikemas sebagai semir biasanya sudah ditambahi bahan lain seperti linseed oil sehingga efeknya lebih baik.

Beeswax bisa membuat permukaan helm lebih kinclong lho. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

  1. Lap dulu helm supaya bersih dari debu yang menempel
  2. Ambil lap baru, colekkan sedikit ke beeswax
  3. Usap dan gosok helm dengan kain yang sudah diberi beeswax tersebut.
  4. Lakukan terus hingga seluruh permukaan kinclong
  5. Biarkan hingga helm mengering

Membersihkan Bagian Kaca

Setelah bagian dalam dan pelindung kelapa, kini saatnya membersihkan bagian kaca depan. Bagian kaca ini sebenarnya cukup dibersihkan dengan kain. Namun bila kamu ingin hasilnya maksimal, pembersihan bisa dilakukan dengan pembersih kaca khusus.

Pembersih kaca bisa kamu beli di toko otomotif (khusus helm). Atau, kamu juga bisa membelinya di toko kacamata. Sebab, para pengguna kacamata pun umumnya perlu cairan pembersih khusus untuk alat bantu penglihatannya itu.

Semprot Parfum Biar Wangi

Terakhir namun tak kalah penting, semprotkan parfum pada helm supaya wangi. Apalagi kalau kamu mau nge-date atau boncengin si dia esok harinya. Nggak mau dong kalau ada bau apek yang dicium sama si doi?! Hihi.

Nah, kurang lebih segini dulu cara membersihkan helm biar kinclong, no apek, dan tentu saja wangi semerbak. Share artikel ini ke temanmu biar mereka juga otw bersihin helmnya ya. Peace!

Post a Comment for "Cara Membersihkan Helm Supaya Kinclong, Tidak Apek, dan Wangi"