Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Motor Bekas Yang Wajib 100% Kamu Perhatikan

Perhatikan saran-saran di bawah ini kalau kamu ingin membeli motor seken. Jangan asal beli, nanti kamu rugi lho!

Tips Membeli Motor Bekas

5 Tips Membeli Motor Bekas

1. Dokumen Jelas Biar Halal dan Aman

Yuk, beli motor yang halal. Lebih jelek nggak apa-apa yang penting bukan sepeda motor hasil curanmor alias curian.

Dus, dokumen-dokumen motor second itu pun perlu kamu periksa kelengkapannya. Lagipula, selain supaya halal, motor yang legal juga bisa bikin kamu aman dari jerat hokum. Hati-hati lho ya, motor curian bisa bikin kamu dihukum penjara. 

Kalaupun kamu maksain beli motor begitu, paling-paling cuma bisa kamu pake muterin kampung. Kamu juga bakal selalu was-was tiap ada Razia lalu lintas yang diadain sama polisi. 

2. Tampilan Motor Masih Oke, Mulus, dan Ori

Pilihlah sepeda motor yang body-nya masih oke. Perhatikan jok, slebor, roda, dan lainnya. Makin oke jelas makin baik.

Bahkan kalau bisa, beli yang tampilannya masih ori. Kenapa begitu? Yah, soalnya motor yang tampilannya masih ori lebih gampang dijual dibanding yang sudah dimodif. Well, kecuali kalau kamu memang suka modifan motor itu lho ya.

3. Masih Enak Dipakai Jalan

Tips membeli motor bekas yang ketiga: kamu harus cobain! Ya iyalah, masa mau beli motor cuma dilihat tampilannya doang. Body sih boleh mulus, tapi belum tentu dengan mesinnya.

Kalau kamu kurang paham soal dunia permesinan, mending minta bantuan teman yang paham. Karena, kadang menurut kita motor tersebut udah oke jalannya, tapi ternyata bermasalah. Hal-hal seperti ini cuma orang-orang yang paham sepeda motor aja yang tahu.

4. Pemiliknya Terpercaya dan Bukan Tukang Tipu

Meskipun semua aspek motor second yang mau kamu beli kelihatannya sudah oke, tapi akan lebih oke lagi kalau pemiliknya bisa dipercaya. Kenapa begitu?

Tim Otomotif Quinka pernah punya kenalan yang beli motor ke temennya temen. Motornya sih bagus plus dokumennya juga jelas, tapi ternyata motor itu jadi jaminan pegadaian.

Alhasil, kenalan Quinka itu harus berurusan sama pihak pegadaian. Bahkan motornya mau diambil. Kalau sudah begitu, yang rugi kita sendiri kan? Makanya selain motornya, kita juga harus milih seller yang terpercaya.

5. Harganya Cocok di Kantong dan Sesuai Spesifikasi

Tips membeli motor bekas yang paling akhir, jangan lupa mempertimbangkan harga ya. Idealnya, harga harus cocok dengan barangnya, alias ada harga ada rupa. Tapi kalau beruntung sih, kamu bisa coba gimana caranya dapat barang bagus dengan harga lebih murah.

Cuma, jangan nawar terlalu sadis. Kalau kamu nawar terlalu sadis, bisa-bisa sellernya gondok terus percakapan kalian di-SS dan diviralin di media sosial. Hihi. Malu dong kalau sampai kejadian begitu!

Post a Comment for "Tips Membeli Motor Bekas Yang Wajib 100% Kamu Perhatikan"