Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memoles Motor dengan Beeswax? Memangnya Bisa?

Siapa yang menyangka bahwa ternyata cara memoles motor dengan beeswax cukup mudah dihasilkan? Sudah begitu, hasilnya juga lumayan tokcer alias mantap punya lho. 

Cara Memoles Motor dengan Beeswax

Secara umum, motor akan terlihat seperti baru lagi, mulus, licin, dan juga waterproof. Beeswax sendiri adalah nama produk dengan kandungan lilin lebah. 

Lilin lebah diambil dari suatu zat serupa lilin yang terdapat pada sarang lebah. Hingga hari ini, lilin lebah sudah digunakan untuk membuat berbagai produk. Salah satunya adalah sebagai poles atau semir untuk kendaraan roda 2.

Penasaran bagaimana cara poles sepeda motor dengan lilin lebah? Yuk langsung saja simak langkah-langkahnya yang sangat mudah diikuti di bawah ini.

Cara Memoles Motor dengan Beeswax

Siapkan dulu beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan di bawah ini.

  1. Kain bersih yang lembut minimal 5 lembar
  2. Beeswax atau lilin lebah dalam bentuk jadi atau mentah
  3. Kain lap atau kemoceng untuk membersihkan motor

Setelah perlengkapan tersebut siap, berikutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bersihkan dulu sepeda motor hingga benar-benar bebas noda. Bila dirasa perlu bersihkan dengan kain lap yang dibasahi air.
  2. Keringkan sepeda motor yang basah.
  3. Siapkan kain bersih dan beeswax. Coba dulu ambil sedikit beeswax dan oleskan di salah satu bagian motor. Bila hasilnya bagus, lanjutkan mengusap lilin lebah ke seluruh body motor.
  4. Lanjutkan pengusapan hingga ke bagian jok.
  5. Selesai, tunggu hingga beeswax menyerap dengan baik pada permukaan jok dan body.

Hasil Cara Memoles Motor dengan Beeswax

Dengan produk dan langkah yang tepat, idealnya hasil pengolesan lilin lebah akan memberikan hasil sebagai berikut:

  1. Permukaan lebih mengkilap. Beeswax mampu meningkatkan kilap sebuah permukaan, termasuk permukaan kulit jok maupun body sepeda motor. Kendaraan roda dua itu pun akan terlihat seperti baru lagi.
  2. Permukaan motor, terutama jok yang menjadi lebih halus. Sebab lilin lebah bisa melembutkan serat-serat yang naik ke atas.
  3. Tahan air. Lilin lebah memiliki sifat tahan air. Ketika dijadikan pelapis body motor, kendaraan tersebut pun akan lebih tahan air.

Jangan Salah Pilih Beeswax

Secara umum, cara memoles motor dengan beeswax bisa memberikan hasil yang cukup bagus. Namun demikian, jangan sampai kamu salah menggunakan produk lilin lebah ya.

Hati-hatilah dengan produk lilin lebah yang mengandung pewarna. Sebab di pasaran, ada kalanya terdapat semir rambut atau sepatu berbahan beeswax yang telah dicampuri dengan pigmen atau molekul pewarna lainnya.

Selain itu, beberapa produk lilin lebah juga dicampuri oleh minyak nabati. Beberapa minyak nabati memiliki bau yang sangat menyengat. Meski tidak merusak motor, namun beberapa orang bisa mengalami pusing-pusing akibat bau tersebut.


Post a Comment for " Cara Memoles Motor dengan Beeswax? Memangnya Bisa?"